Halaman

Kamis, 06 Desember 2012

Keunikan Emas


Fakta menarik tentang EMAS
Posted on April 13, 2012   

    Emas adalah logam pertama yang bisa menyaingi perhiasan2 dari batuan spt Berlian,Safir dll.
    Uniknya, dunia modern mengklasifikasikan logam-logam mulia tersebut dalam kolom yang sama. Tabel Periodik menempatkan emas, perak, dan tembaga (dengan simbol masing-masing Au, Ag, dan Cu) dalam kelompok yang sama yakni Golongan 11. Berbeda dengan kebanyakan logam lainnya, emas memiliki sifat yang sangat istimewa.
    Archimedes (300 SM) membuktikan bahwa emas bisa dideteksi tanpa merusak dan hanya dengan menggunakan air tawar biasa. Karena bukan termasuk logam yang aktif maka emas tidak terpengaruh oleh air dan udara.
    Tidak seperti besi atau logam lainnya, emas tidak bisa berkarat.
    Selain itu, emas juga termasuk logam yang sangat lunak. Bisa ditempa menjadi lempengan yang super tipis dan bisa juga ditempa menjadi kawat dengan ketebalan super mini. Bayangkan saja, satu ons emas bisa ditempa dengan luas seukuran 100 kaki persegi atau dibuat kawat sepanjang 50 mil!
    Emas juga dikenal sebagai logam mulia paling berat. Satu kaki kubik emas beratnya mencapai lebih dari setengah ton. Itulah sebabnya mengapa dalam sejarah manusia tidak pernah ada pencurian emas dalam skala besar karena untuk itu diperlukan alat berat untuk mengangkatnya.
    sepanjang sejarah manusia, penambangan emas dunia dari tahun ke tahun hanya mengalami kenaikan dua persen tiap tahunnya. Dalam setahun seluruh industri tambang emas dunia menghasilkan kira-kira 2.000 ton emas. Bandingkan dengan produksi baja AS sejak 1995 seperti yang dirilis Iron and Steel Institute yang bermarkas di Washington DC yang mencapai 10. 500 ton perjamnya. Sebab itu, emas sungguh-sungguh logam yang sangat langka dan sangat stabil nilainya sejak awal sejarah manusia hingga kini.
    Penggunaan emas dan perak sebagai mata uang sejati sesungguhnya telah dipergunakan berabad-abad yang lalu. Koin emas dalam sejarah dibuat pertama kalinya pada masa Raja Croesus dari Lydia, sebuah kerajaan kuno yang terletak di barat Anatolia, sekitar tahun 560 SM.
    Emas adalah logam yang paling empuk,mudah di tempa dan mudah untuk melapisi logam apapun dari pada logam2 lainnya.
    Emas adalah logam yang paling langka di muka bumi.
    Emas Berwarna kuning kemilau, cerah dan indah sehingga bila di masukkan ke dalam air tidak akan Teroksidasi (bercak2 hitam).
     Bila suatu Negara pecah perang dan mata uang di hilangkan dari Negara itu, maka Emas akan digunakan sebagai Uang atau alat tukar, contoh, Yugoslavia dan negara2 lainnya.
    Emas adalah penghantar listrik yang paling baik
    Emas bisa di tempa setipis mungkin hingga menjadi hampir transparan spt kaca
    Emas bila ditempa dengan logam lain maka Emas yg akan mempengaruhi kekerasan maupun kelenturan dari logam yg di tempa tsb.
    Emas 24 karat tidak memiliki rasa dan bau
   
Lautan kita pun mengandung 20 juta ton emas. Tapi, logam mulia ini sangat encer. Dalam setiap liter air laut terkandung sepersekian miliar gram emas. Logam incaran manusia ini juga larut dalam bebatuan di dasar laut dan sejauh ini belum ada cara yang efisien untuk mendapatkan emas murni dari lautan ini.
    Emas dijadikan Simbol untuk Juara 1 di dalam olahraga2 Dunia spt Olimpiade dan lain2, sedangkan Perak Juara 2 dan Perunggu juara 3.
    Emas bisa di jadikan benang yg lembut, lebih lembuh dari logam manapun, kecuali Sutra, karena sutra bukan terbuat dari logam, banyak Orang kaya yg suka menggunakan sebagai baju dan juga mandi dengan benang emas untuk kesehatan dan kekuatan.
    Sampai saat ini tidak ada prediksi kandungan Emas di bumi, itulah mengapa endapan Emas di laut jumlahnya sampai jutaan ton, tapi satu yang pasti hingga kini Emas masih tetap banyak di produksi.
    Pilot tempur Amerika di bekali Koin Emas saat terbang perang, digunakan dalam keadaan darurat untuk bertahan hidup jika pesawatnya jatuh dan pilot menyelamatkan diri.
    Di dalam kitab suci Umat Muslim yaitu Al-Quran Ada 8 ayat yg isinya terdapat kata Emas, disebutkan di ayat tersebut Emas akan ada di Dunia, Neraka dan Syurga.

1 komentar: